Universitas Trunojoyo Madura

TRANSLATOR

Wednesday, 31 January 2018

On 22:02 by sisman utm in ,    No comments


MABAR ILMU PPIC DI SISMAN
Pada hari rabu tanggal 17 januari 2018 laboratorium system manufaktur program studi teknik industri fakultas teknik universitas trunojoyo Madura memiliki kegiatan baru yaitu mabar (mari belajar bareng) pelatian PPIC (Production Planning and Inventory Control) tentang proses pengendalian produksi serta pengendalian persediaan bahan pada suatu perusahaan.
Dari pelatihan yang telah dilaksanakan ada beberapa poin besar yang dapat di simpulkan yang pertama yaitu didalam sebuah perusahaan tugas dari divisi PPIC adalah untuk menyediakan kebutuhan dengan tepat waktu, tepat barang, dan tepat jumlah. Kebutuhan yang menjadi permintaan tersebut berasal dari divisi Marketing yang sebelumnya melakukan forecast atau peramalan terhadap permintaan barang yang akan dijual di pasar, dari forecast yang didapatkan tesebut maka tugas dari PPIC memastikan ketersedian barang serta bahan baku yang ada di gudang sesuai forecast divisi Marketing. Jika perlu melakukan pembelian bahan baku lagi, maka tugas dari divisi PPIC yang pertama yaitu menginformasikan bahan apa saja yang harus dibeli kepada devisi purchasing. Kemudian divisi purchasing membeli barang ke suplayer sesuai bahan permintaan dari PPIC. Setelah bahan sudah dibeli purchasing memberikan kepada pihak PPIC untuk pengecekan ulang, kemudian akan dilanjutkan ke inventori dan kemudian bahan tersebut dapat diproduksi oleh devisi produksi. Divisi PPIC juga bertugas melakukan pengawasan terhadap inventory dan mengeluarkan bill of material sebuah produk, dari situ PPIC juga bertugas melakukan penjadwalan produksi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Dari pelatihan yang telah dilakasanakan kajian utamanya yaitu produksi sandal sisco yang sebelumnya di dalam produksi tersebut telah dibentuk empat divisi yaitu divisi Marketing, PPIC, QC serta Produksi yang telah berjalan, pelatihan ini dilakukan sebanyak 2 kali seminggu selama satu bulan.Untuk kedepannya diharapkan proses produksi sandal sisco lebih efektif dan evisien serta lebih maju tentunya.

0 comments:

Post a Comment