Universitas Trunojoyo Madura

TRANSLATOR

Tuesday, 31 July 2018

On 10:36 by sisman utm in    No comments
Image result for MESIN PLANNER
Kayu merupakan suatu material yang berkaitan erat dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak produk yang dapat dihasilkan dengan menggunakan material kayu sperti meja, kursi, almari dan lain sebagainya. Namun sebelum kayu terbentuk menjadi produk-produk tersebut ada banyak tahap yang harus dilewati salah satunya melalui tahap penyerutan untuk menghasilkan kayu yang halus. Dahulu alat serut kayu dikerjakan dengan manual memanfaatkan tenaga manusia. Alat yang digunakan berupa balok kayu yang dipasang pisau sebagai alat penyerut ditengah balok kayu tersebut. Namun dengan bertambahnya kemampuan manusia yang semakin maju dikembangkanlah sebuah alat yang dapat digunakan untuk menyerut kayu secara otomatis sehingga tenaga yang digunakan lebih efektif dan hasil dari penyerutan juga maksimal.

Alat penyerut otomatis tersebut salah satunya berupa mesin planner, alat ini dikendalikan menggunkan genggaman tangan dengan menyerutkan pada bagian kyu yang ingin diserut. Mesian planner memiliki komponen-komponen yang saling menunjang satu sama lain agar dapat dijalankan dengan baik. Komponen-komponen tersebut berupa saklar on/off, kabel dan steker listrik dan tombol putar pengatur kedalaman mata pahat (pisau) yang terpasang secara horizontal.
Sistem kerja mesin ketam adalah sebagai berikut :
1. Menyiapkan benda kerja berupa balok kayu yang akan diserut maupun dihaluskan.
2. Mengatur kedalaman mata pisau.
3. Memasang kabel penghubung stop kontak dan pastikan kabel dalam kondisi normal, aman, tidak melilit atau tertarik.
4. Menghidupkan mesin ketam dengan menekan tombol ON
5. Lakukan penyerutan dengan cara mengarahkan mesin ketam pada permukaan kayu dan kemudian sesuai dengan arah garis pada batang kayu mesin planner dijalankan, lakukan sampai permukaan kayu benar-benar halus sesuai kebutuhan yang akan digunakan.
6. Jika telah selesai matikan mesian dengan menekan tombol OFF.

Begitulah prosedur yang dapat dilakukan dalam menggunakan mesin planner ini. Beberapa kelebihan yang dimiliki yaitu menghemat tenaga karena operator hanya perlu menggerakkan alat pada media yang perlu diserut selain itu juga dapat menghemat waktu pengerjaan karena tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu besar sehingga waktu istirahat juga dapat diminimalkan, namun untuk memperoleh kehalusan yang maksimal dapat dilakukan pengamplasan pada benda kerja. Kelemahan dari pada mesin planner ini yaitu mengeluarkan serbuk kayu sisa hasil penyerutan sehingga dapat mengotori lingkungan sekitar ditambah bila terdapat angin debu tersebut dapat beterbangan dan cukup berbahaya bagi pernafasan, sehingga penting untuk menggunakan peralatan K3 (Keselamatan dan Kesehaan Kerja) untuk meminimalisi resiko yang ada.







0 comments:

Post a Comment