Universitas Trunojoyo Madura

TRANSLATOR

Monday 16 July 2018

On 06:41 by Sisman UTM in    4 comments

Mesin gerinda (Grinding machine) adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah/memotong benda kerja dengan tujuan tertentu. Prinsip kerja mesin gerinda adalah batu gerinda berputar yang bersentuhan dengan benda.kerja sehingga dapat mengakibatkan pengikisan, penajaman, dan pemotongan. DiLaboratorium Sistem Manufaktur Universitas Trunojoyo sendiri terdapat berbagai alat atau mesin yang digunakan dalam proses produksi antara lain yaitu mesin gerinda. Mesin gerinda terdapat berbagai macam jenisnya antara lain:

1. Mesin Gerinda Tangan


Mesin gerinda tangan merupakan mesin yang berfungsi untuk menggerinda benda kerja. Awalnya mesin gerinda hanya untuk benda kerja berupa logam yang keras seperti besi dan stainless steel. Menggerinda dapat bertujuan untuk mengasah benda kerja seperti pisau dan pahat atau dapat juga bertujuan untuk membentuk benda kerja seperti merapikan hasil pemotongan, merapikan hasil las, membentuk lengkungan pada benda kerja yang bersudut, menyiapkan permukaan benda kerja untuk dilas, dan lain-lain.

2. Mesin Gerinda Potong


Mesin Gerinda Potong yaitu mesin pemotong benda dengan menggunakan pisau potong beupa batu gerinda yang tipis yang fungsinya untuk memotong benda kerja yang terbuat dari besi.
Prinsip kerja mesin ini hampir sama dengan mesin gerinda secara umumnya yaitu pisau potong ( Batu gerinda) berputar memotong benda kerja yang diam Kemudian dijepit dengan bantuan pencekam agar ketika melakukan pemotongan benda kerja tidak mudah bergerak sehingga hasil potongan sesuai dengan yang diinginkan.

3. Mesin Gerinda Duduk
Mesin gerinda duduk adalah Mesin gerinda yang digunakan untuk mengasah mata bor, tetapi juga dapat digunakan untuk mengasah pisau lainnya, seperti mengasah pisau dapur, golok, kampak, arit dan lain sebagainya. Selain untuk mengasah, gerinda duduk dapat juga untuk membentuk atau membuat perkakas baru, seperti membuat pisau khusus untuk meraut bambu, membuat suku cadang mesin jahit, membuat obeng, atau alat bantu lainnya untuk reparasi turbin dan mesin lainnya.

4 comments:

  1. After a long time, I read a very beautiful and very important article that I enjoyed reading. I have found that this article has many important points, I sincerely thank the admin of this website for sharing it. Best Unitised Discs Services Provider

    ReplyDelete
  2. I generally check this kind of article and I found your article which is related to my interest.Tire Grinding Machine Genuinely it is good and instructive information. Thankful to you for sharing an article like this.

    ReplyDelete
  3. JONSEN SANDER is one of the leading Sheet Metal Deburring Machines, Grinding Machine, Wide Belt Grinding Machine, Edge Rounding Machines Manufacturers, Factory and Suppliers, Our product quality has passed international certification, and the price is affordable, welcome to call and order our products wholesale. Wide belt sanding machine

    ReplyDelete
  4. Beberapa peralatan yang dijelaskan diatas memang sangat mempengaruhi jalan kerjanya proses manufaktur

    ReplyDelete